Sep 29, 2010

BlackBerry Playbook Ingin Saingi iPad

Bagikan


SAN FRANCISCO - Produsen smartphone Blackberry meluncurkan produk komputer tablet layar sentuh pertamanya untuk menyaingi iPad. Produk yang sudah lama ditunggu itu diluncurkan dalam konferensi para pengembang Blackberry di San Francisco, Amerika Serikat (AS).

Dibandingkan dengan iPad, produk ini disebut-sebut oleh pengamat teknologi dan piranti sebagai komputer tablet dengan orientasi bisnis pertama di dunia.

Menurut Research in Motion (RIM), produsen Blackberry, komputer tablet buatannya merupakan tablet terbaik untuk kalangan profesional yang ada saat ini."Dilengkapi fitur dan salah satu sistem operasi yang paling fleksibel di dunia," ujar Mike Lazaridis, Direktur Utama RIM, Selasa (29/9).

Namun, masih harus dibuktikan apakah RIM benar-benar mampu menyediakan aplikasi baru dengan sistem operasi yang dijanjikannya.

Menurut analis, produk yang disebut Playbook itu, akan menjadi pesaing utama iPad, besutan Apple. "Bukan hanya alat yang bisa digunakan untuk bersenang-senang, tetapi benar-benar bisa membuat orang memanfaatkannya untuk memudahkan kerja," kata Stuart Miles, editor pada situs teknologi telepon genggam, Pocket-Lint.

Minat Blackberry menyaingi iPad mudah dimengerti setelah produk terbaru Apple itu laku enam juta buah hanya dalam tempo enam bulan sejak diluncurkan.

Secara fisik ukuran layar Playbook lebih kecil dari iPad dan lebih ringan. Dari sudut ini saja, nampaknya Playbook diharapkan akan lebih disukai orang-orang yang banyak bergerak, seperti mereka yang saat ini sudah menggunakan Blackberry sehari-hari.

Meski menurut pengamat, penempatan Playbook lebih bagus dibanding strategi penjualan pesaing-pesaing iPad lain, produk Blackberry dipandang hanya akan meraih celah pasar yang gagal diraih iPad. Dengan kata lain, Playbook tampaknya tidak mampu menjadi perebut pangsa iPad.

PlayBook memiliki dua kamera dengan resolusi full High Definition. Satu kamera ada di bagian depan dan satu lagi di bagian belakang.

Dari sisi jeroan, Lazaridis mengatakan prosesor yang digunakan adalah prosesor 1 GHz Dual Core dengan RAM 1 GB. Sistem operasinya adalah QNX, dari perusahaan QNX yang awal 2010 ini diakuisisi oleh RIM.

Piranti lunak PlayBook mendukung Flash 10.1, WebKit dan HTML 5, OpenGL (untuk grafis 3D seperti pada game), Adobe Mobile AIR, Adobe Reader, Java, POSIX dan BlackBerry WebWorks.
Media yang bisa diputar di PlayBook termasuk video hingga resolusi 1080p High Definition. Formatnya, mencakup H.264, MPEG, DivX dan WMV. Sedangkan audionya mencakup MP3, AAC dan WMA. (bs-asw)

SPESIFIKASI

-Layar sentuh capacitive LCD 7 inci
-multi touch dan gesture
-Prosesor 1 GHz Dual Core-RAM 1 GB
-Kamera High Definition 3 Megapixel (depan) dan 5 Megapixel (belakang)
-Kamera bisa merekam video hingga resolusi 1080p HD
-HDMI Output (microHDMI)
-WiFi 802.11 a/b/g/n dan Bluetooth 2.1 + EDR
-Konektor microUSB
-Ukuran 130mm x 193mm x 10mm
-Berat sekitar 400 gram

Sumber :
http://www.republika.co.id
http://news.fajar.co.id

Masukkan email kamu untuk berlangganan artikel dari blog ini, jangan lupa dikonfirm melalui emailnya ya

Jangan lupa tinggalkan KOMENTAR ya.

0 komentar:

Post a Comment

 
Free Host | lasik eye surgery | accountant website design