Jan 28, 2011

Strategi Membalik Mangkok

Bagikan Dikutip dari : Mohammad Suyanto, Ketua STIMIK Amikom Yogyakarta

Senjata yang ampuh untuk menapaki tangga-tangga bisnis adalah sikap mental positif. Ada beberapa strategi untuk tetap menjadi orang yang bersikap mental positif. Salah satu stratetgi tersebut adalah strategi membalik mangkok. Strategi membalik mangkok adalah strategi melihat suatu kejadian yang negatif dari sisi positif.

Ketika anda berangkat ke kuliah atau ke kantor dengan mengendari sepeda motor, tiba-tiba saja ban sepeda motor anda terkena paku, sehingga kempes yang menyebabkan anda tidak dapat melanjutkan perjalanan ke kampus atau ke kantor atau barangkali anda akan terlambat. Jika anda menggunakan strategi membalik mangkok, maka Anda masih dapat mengatakan “untung sepeda motor saya kena paku, kalau tidak kena paku, bisa-bisa saya malah kesruduk bis”. Dengan strategi ini Anda, lama kelamaan akan terlatih dan Anda akan tetap terjaga dalam sikap mental positif.

Ketika saya akan membeli tanah di desa Kronggahan untuk kampus STMIK Amikom Yogyakarta seluas 1000 meter persegi untuk melengkapi tanah yang di sebelahnya agar mencapai 5000 meter persegĂ­. Pemilik tanah telah menandatangi kesepakatan harga dan pembayaran di atas materai. Tetapi pemilik tanah, mengingkari janjinya dengan mengulur-ulur waktu dan menaikkan harga, sehingga wakil saya jengkel sekali. “Kalau dia pria, pasti aku tempeleng” katanya. Saya berusaha meredakan kemarakan dia, kemudian saya mengataka sambil menghiburnya ”Aku juga jengkel Pak, tetapi coba Anda cari tanah lagi, barangkali Allah akan memberikan yang lebih baik bagi AMIKOM”. Seminggu kemudian Wakil saya tersebut menyampaikan berita kepada saya, bahwa ada tanah di samping gedung AMIKOM yang ditawarkan dengan harga Rp. 275.000,-dengan luas kurang lebih 6000 meter persegi. ”Benar kan Pak, Allah menunjukkan yang terbaik bagi kita” komentar saya.

Demikian halnya, ketika Pak Purdi oleh pemilik rumah di jalan Kapten Tendean 25 Yogyakarta, disuruh untuk memindah semua barang yang ada di rumah tersebut, karena sesudah 3 tiga bulan belum mampu mebayar kontrak ruangan 8 m x 4 m yang hanya Rp.25.000,- per bulan. Kemudian Pak Purdi menceritakan kepada saya kalau kita disuruh pindah oleh pemilik rumah tersebut dan hanya diberi waktu satu minggu. ”Insya Allah ada hikmahnya” jawab saya sambil menghibur. Padahal itu sesungguhnya hanya satu-satunya kalimat yang dapat saya ucapkan, karena tidak punya kalimat lain. Ternyata ini merupakan tonggal awal perjalan Primagama. Kami seperti dicambuk, agar berlari lebih kencang untuk meraih keberhasilan. Saya dan Pak Purdi akhirnya memutuskan memanfaatkan waktu seminggu itu untuk membagi brosur ke seluruh SMA di Yogyakarta. Hasilnya kami mendapatkan uang Rp. 50.000,- dan mendapatkan rumah kontrakan baru yang lebih baik dari yang lama Mengambil hikmah dari setiap kejadian adalah strategi membalik mangkok yang merupakan salah satu cara untuk tetap menjaga sikap mental positif.

source : journal.amikom.ac.id

Masukkan email kamu untuk berlangganan artikel dari blog ini, jangan lupa dikonfirm melalui emailnya ya

Jangan lupa tinggalkan KOMENTAR ya.

3 komentar:

Aguzz d mandrix said...
reply

Bisnis online plg mudah, menguntungkan dan gratis. Ayo mampir ke:
http://ptcelit.blogspot.com

Unknown said...
reply

@Surya Widyantara: hahahahaha malah promosi...

ochie said...
reply

wah gitu ya

Post a Comment

 
Free Host | lasik eye surgery | accountant website design