Mar 4, 2009

Hal yang Harus Dilakukan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer Sebelum Lulus

Bagikan

Artikel di Joel on Software tentang saran-saranya kepada mahasiswa ilmu komputer. Sarannya dituangkan dalam sebuah daftar "hal-hal yang harus dilakukan mahasiswa ilmu komputer sebelum lulus". Saya tertarik untuk membuat daftar gw sendiri yang gw susun berdasarkan pengalaman gw sebagai mahasiswa dan sebagai programmer(newbi). Daftar ini saya susun berdasarkan urutan dari yang paling penting hingga yang kurang penting.

Belajar menulis - "A software doesn't exist, if it doesn't have documentation!"


Kuliah yang bener - Konsep Ilmu Komputer yang kuat akan sangat membantumu di sesi wawancara kerja


Ambil kursus pemrograman, terutama OOP - Belajar programming dengan jalur yang tepat dan metode penulisan kode program yang baik!


Cari tempat magang yang bagus(Bagi tempat kuliah yang mewajibkan magang) - Magang di liburan panjang dan carilah kerjaan programming, bukan input data!!


Belajar bahasa inggris - Bahasa Inggris saat ini adalah bahasa standart bagi para IT karena Bahasa dalam dunia komputer sebagian besar menggunakan Bahasa Inggris. Artinya tanpa bisa bahasa inggris sama saja seperti nyetir ga bisa baca rambu lalu lintas.

Belajar mikro ekonomi - Belajar ekonomi dan bayangkan dirimu menjadi boz nantinya, jgn mau jadi bawahan terusss!!

Jangan meremehkan mata kuliah non IT hanya karena membosankan - IP jelek ga akan membawamu kemana-mana. Penyesalan gak bakal datang diawal, soalnya dulu aku juga ngremehin, Ahirnya?? ngulang ma junior. :(


Berhentilah mengkhawatirkan nanti akan kerja di mana - Do it the best you can do, and it will bring you to the best workplace available.

Belajarlah membuat sebuah Karya sederhana, apapun itu yang jelas bakal membuat nilai jual kamu tambah. Contohnya membuat Aplikasi sederhana menggunakan VB atau lainnya. Aplikasi ini nantinya bisa kamu tunjukkan pada waktu wawancara, ini membuktikan kalau kamu produktif dan "get things done!" nggak cuma omdo!

Aktif di komunitas - Dengan sering memposting ke forum/milis kita akan tahu apakah pemahaman dan pengasaan kita terhadap suatu konsep benar atau salah dan cukup atau kurang. Ini penting sekali untuk mengetahui sebenarnya kita siap atau tidak terjun di dunia industri.

Semoga membantu.


Masukkan email kamu untuk berlangganan artikel dari blog ini, jangan lupa dikonfirm melalui emailnya ya

Jangan lupa tinggalkan KOMENTAR ya.

0 komentar:

Post a Comment

 
Free Host | lasik eye surgery | accountant website design